BERITA TERBARU
RAPAT KOORDINASI KETERSEDIAAN PANGAN DAERAH

Dalam rangka menghadapi hari-hari besar keagamaan nasional, seluruh masyarakat diharapkan dapat memenuhi.selengkapnya..

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN PERTANIAN

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Bapak H. Rudy Resnawan membuka Kegiatan Musyawarah Perencanaan.selengkapnya..

KINERJA BADAN KETAHANAN PANGAN

Download Renstra Badan Ketahanan Pangan Tahun 2011 - 2015 Klik Disini Download Laporan Kinerja Badan.selengkapnya..

# Selamat Datang di Website Resmi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan.               # Mari !!! Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman untuk Hidup Sehat, Aktif dan Produktif.  
TIPS
RESEP BUKA PUASA

Memasuki Bulan Ramadhan kali ini, sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan-asupan yang terbaik yang semestinya kita siapkan dalam sajian menu sahur dan menu buka puasa. Hidangan untuk menu berbuka puasa yang baik tentunya adalah yang sehat. Buah-buahan merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang manis natural, bahkan memberikan cita rasa manis alami yang bervariasi. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir karena dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Selanjutnya bagaimana dengan menu makan setelah berbuka puasa? Jika sebelumnya kita telah mengkonsumsi buah-buahan segar atau kombinasi lainnya dari Menu Takjil Untuk Berbuka Puasa, maka hidangan sehat lainnya yang disarankan dalam menu buka puasa adalah sebagai berikut :

  • Sayuran hijau karena selain mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.
  • Beras merah berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.
  • Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Untuk memenuhi akan kebutuhan menu buka puasa simple dan sederhana, berikut kami rangkum beberapa resep menu buka puasa sehat praktis berikut ini :

RESEP PINDANG TELUR KECAP

Bahan :

kg telur, rebus, kupas

150 ml air

5 buah cabe rawit merah utuh

2 sdm kecap manis

1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

1 ruas jari kunyit

3 butir bawang merah

2 siung bawang putih

ruas jari kencur

garam secukupnya

sedikit penyedap jika suka

CARA MEMBUAT :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tuang air lalu masukkan telur, cabe rawit merah utuh dan kecap manis, aduk sesekali.
  2. Masak hingga mendidih dan matang. Angkat dan sajikan

 


Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan
Jl. Panglima Batur, Banjar Baru 70711
T. (0511)477247, 4778047, 4781389 | F. (0511)4772471
© 2012 www.bkp.kalselprov.go.id Developed by citraweb nusa infomedia