BERITA TERBARU
RAPAT KOORDINASI KETERSEDIAAN PANGAN DAERAH

Dalam rangka menghadapi hari-hari besar keagamaan nasional, seluruh masyarakat diharapkan dapat memenuhi.selengkapnya..

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN PERTANIAN

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Bapak H. Rudy Resnawan membuka Kegiatan Musyawarah Perencanaan.selengkapnya..

KINERJA BADAN KETAHANAN PANGAN

Download Renstra Badan Ketahanan Pangan Tahun 2011 - 2015 Klik Disini Download Laporan Kinerja Badan.selengkapnya..

#¬†Selamat Datang di Website Resmi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan.               # Mari !!! Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman untuk Hidup Sehat, Aktif dan Produktif. ¬†
TIPS
SEHAT DI BULAN RAMADHAN

Ibadah puasa pada bulan Ramadhan menjadi kesempatan yang baik bagi kaum muslimin untuk meraih manfaat sebesar-besarnya, baik manfaat pahala ibadah maupun manfaat kesehatan. Masalahnya, pada bulan puasa biasanya munculnya kebiasaan-kebiasaan baru. Misalnya produktivitas kerja yang menurun dengan alasan badan lemas karena kurang makan, kebiasaan makan sahur yang banyak, makan berlebihan saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta tidur seharian tanpa berolahraga. Tanpa kita sadari hal-hal ini justru dapat menyebabkan berat badan yang terus meningkat dan kondisi tubuh menjadi kurang fit, sehingga mengurangi manfaat puasa untuk kesehatan kita.

Agar puasa dapat menyehatkan diperlukan strategi yang tepat. Siasat yang baik adalah dengan melakukan pengaturan pola makan dan minum, pengaturan aktivitas/olahraga, perhatian ekstra dan strategi khusus untuk penyakit/kondisi tertentu, serta persiapan mental.

Pengaturan makan dan minum

Walaupun tidak makan dan minum di siang hari, jumlah kalori, karbohidrat, dan asupan gizi lainnya harus tetap sama dengan saat kita tidak berpuasa. Fungsi zat gizi dalam tubuh adalah sebagai sumber energi (karbohidrat dan lemak), zat pembangun (protein) terutama untuk tumbuh kembang serta mengganti sel yang rusak dan sumber zat pengatur (vitamin dan mineral).

Sahur

Pengaturan makan dan minum pada saat puasa dimulai ketika sahur. Sahur menjadi penting karena pada saat sahur kita mempersiapkan makanan yang menjadi sumber energi selama puasa. Sahur dianjurkan dilakukan di akhir waktu. Makanan yang dikonsumsi saat sahur tidak hanya sekadar praktis, tapi juga makanan bergizi, yang mengandung lima unsur zat gizi yaitu: protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Selain itu, pada saat sahur perlu mengkonsumsi makanan yang berserat yakni sayuran dan buah untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebaiknya konsumsi air 8-10 gelas per hari termasuk susu, jus, dan kuah sup atau sayur agar tubuh kita tidak kekurangan cairan. Pembagiannya 5 gelas pada malam hari dan 3 gelas pada saat sahur. Setelah makan sahur dianjurkan tidak langsung tidur untuk memperlancar pencernaan.

Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa sebaiknya dengan minuman yang manis dan hangat. Makan dilakukan secara bertahap dan tidak langsung makan dalam porsi yang besar dan terburu-buru. Bagi orang gemuk hindari berbuka puasa dengan makanan yang tinggi kolesterol dan kurangi makanan yang manis-manis. Sebaiknya lebih banyak konsumsi sayuran dan buah serta kurangi makanan yang digoreng. Bagi yang terlalu kurus perlu menambah porsi susu dan hindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya). Bagi yang berusia lanjut makanlah dalam jumlah porsi kecil tapi sering. Setelah buka puasa sebaiknya tidak langsung tidur untuk memperlancar pencernaan.

Pengaturan Aktivitas/olahraga

Berpuasa tidak berarti mengurangi aktivitas atau kerja. Kita dapat terus berolahraga dengan memperhatikan waktu berolahraga yang tepat. Pada saat puasa tidak dianjurkan melakukan aktivitas/olahraga berat. Sebaiknya olahraga dilakukan menjelang berbuka puasa atau pada malam hari. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga ringan seperti jalan kaki, senam, lari kecil. Shalat tarawih pun dapat dijadikan aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh.

 

AGENDA KEGIATAN

HARGA PANGAN 2 Maret 2016
BAHAN PANGAN
2 Maret 2016
HARGA RP/KG
Beras Unggul 11.127
Beras Lokal (Siam) 15.130
Kacang Tanah 27.496
Cabe Merah Besar 26.465
Cabe Rawit Lokal 26.530
Bawang Merah 30.892
Minyak Goreng Curah/Non Merk (Liter) 10.024
Gula Pasir Lokal 12.890
Daging Sapi 123.534
Daging Ayam Ras 32.695
Telur Ayam Ras 25.140
Ikan Gabus 74.096


PETA KETAHANAN PANGAN

ASPIRASI RAKYAT
Bagus webnya
6287852590XXX
POLLING
Bagaimana Pendapat Anda Mengenai Tampilan Website BKP Kalsel?
Bagus
Cukup
Kurang Bagus


LINK TERKAIT
COUNTER
Sedang Online 1
Hari Ini 95
Bulan Ini 7179
Tahun Ini 12608
Keseluruhan 162236

Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan
Jl. Panglima Batur, Banjar Baru 70711
T. (0511)477247, 4778047, 4781389 | F. (0511)4772471
© 2012 www.bkp.kalselprov.go.id Developed by citraweb nusa infomedia